Jumat, 31 Agustus 2012

Popok Daur Ulang (Clodi Murah Meriah)


Buat emak-emak yang biasa pakeiin diaper buat anaknya, bisa memanfaatkan diapernya menjadi popok daur ulang. Diaper bekas yang sudah dibuang gel-nya dan dicuci ini bisa digunakan seperti clodi. Ilmu popok daur ulang ini aku dapat sekitar tahun 2005an, saat berdinas di Bandar Lampung,  dari seorang sahabat . Saat itu cloth diapers (clodi) belum setenar sekarang.

Popok daur ulang ini, aku terapkan saat anak keduaku dan ketigaku dengan pertimbangan hemat dan praktis. Untuk yang merasa membeli clodi yang harganya lumayan mahal (aku tergiur dan cuma bisa membeli empat buah), cara ini bisa jadi alternatif pilihan.

 Cara membuatnya:
  1. Sobek bagian tengah dalam diapers bekas pakai, buang gel-nya. Cuci diaper tersebut hingga bersih (pencucian normal seperti mencuci pakaian bayi yang lain),
  2. Siapkan insertnya. Aku memakai kain bedong bayi (kain fanel kalo ga salah namanya ya) yang sudah dipotong sesuai kebutuhan, dan ditambah celana bayi yang sudah molor sehingga tidak terpakai. Semakin bertambah usia bayi, insert yang dibutuhkan semakin tebal, agar tidak tembus. Bentuk dan ketebalan insert disesuaikan demi kenyamanan bayi.
  3. Pasang insert pada bagian dalam diaper.
  4. Diaper siap digunakan ^_^ 

Kelemahannya:
Seperti clodi pada umumnya, cuma bisa tahan satu atau dua kali basahan, tergantung ketebalan insert.
Setelah beberapa kali pemakaian, diapernya akan semakin berkurang kelayakannya :D Berdasarkan pengalaman, merk yang paling awet didaur ulang adalah M*m* Po** (tapi bukan yang ekonomis). 

Keunggulannya:
Insert yang terdiri dari beberapa lapisan membuatnya mudah dicuci dan lebih mudah kering dibanding insert clodi yang biasanya tebal. Insertnya pun bisa kita buat dari popok kain, celana butut, atau kain bekas lainnya.
Harga relatif lebih murah dibanding clodi.
Tidak perlu khawatir salah mencuci, perawatannya sama dengan pakaian bayi lainnya. Tapiiiiii yang perlu diingat adalah TIDAK BOLEH DISETRIKA :D

Ide terkait :
Gel dalam diaper bekas pakai, kalo diletakkan dibagian paling bawah media tanam (seperti sterefoam) sepertinya bisa, jadi penampung cadangan air. (idenya belum dipraktekkan)
Diaper yang sudah tidak layak pakai dan koyak, disatukan dalam sarung bantal, bisa jadi bantal duduk yang empuk. (sudah dicoba pada bantal kecil)

Ayuks dicoba. Dengan memanfaatkan barang bekas, dapet bonus hemat, praktis dan mudah. 
Selamat mencoba dan salam hijau.... ^_^
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar